1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2021 01 19 online training on SDGs Sebijak Institute

Menyambut gayung kebijakan bertajuk “Merdeka Belajar” yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, FORCLIME bekerja sama dengan Institut Sebijak Fakultas Kehutanan UGM menyelenggarakan rangkaian online course tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di sektor kehutanan pada 19 – 28 Januari 2021. tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di sektor kehutanan pada 19 – 28 Januari 2021. Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa dari lintas bidang ilmu di seluruh Indonesia ini tidak hanya terbatas pada penyampaian ilmu dalam bentuk kuliah, tetapi juga fasilitasi mentoring kelompok kecil untuk peserta mahasiswa terpilih. Sebelum rangkaian perkuliahan dimulai, FORCLIME dan Sebijak Institute telah mengadakan seleksi peserta mahasiswa terpilih dengan memberikan penilaian pada lembar motivasi di formulir peserta.

Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, peserta mahasiswa terpilih dibagi ke dalam 5 kelompok untuk membahas beberapa topik dalam kegiatan kehutanan yang berkaitan erat dengan pencapaian TPB, sebagai berikut: 1) Food estate di Kawasan Hutan; 2) Geothermal di Kawasan Konservasi; 3) Perhutanan Sosial; 4) REDD+ dan Efektivitasnya; dan 5) Pengelolaan Wisata di Kawasan Konservasi. Selain itu, para mahasiswa terpilih juga diwajibkan untuk mengisi lembar pre-test dan post-test yang disediakan di platform Learning Management System E-Lok dari Universitas Gadjah Mada. Di akhir kegiatan, seluruh kelompok mempresentasikan hasil diskusi selama berlangsungnya rangkaian kuliah online, sesuai dengan tema topik yang telah ditentukan. Penilaian mandiri selama pre-test, post-test, dan presentasi akhir juga diberikan kepada seluruh peserta secara individu untuk mengevaluasi perkembangan pengetahuan mereka tentang TPB di sektor Kehutanan.

“Banyak hal tentang kehutanan yang baru saya ketahui di online course ini, terlebih dengan model course interaktif yang membuat saya jadi lebih mudah untuk paham. Saya harap ke depannya bisa diadakan kegiatan serupa dengan topik lainnya yang mungkin lebih spesifik.” ujar Nilam Anggun Cahyani, peserta mahasiswa terpilih dari Institut Teknologi Sumatra.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Sekar A. Woro Yunita, Advisor Monitoring & Evaluasi/Pengelolaan Hutan Lestari

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz