1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2020 10 19 Renstra

Setelah melalui proses diskusi yang panjang, Rencana Strategis Nasional Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2020 - 2024 ditetapkan pada tanggal 14 Agustus 2020 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Peraturan No. 16/MENHLK/SETJEN/SET.1/8/. Peraturan tersebut mengukuhkan rencana strategis (Renstra) sebagai rencana jangka menengah kementerian dan telah diunggah ke situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 16 Oktober 2020.

FORCLIME mendukung proses penyusunan Renstra sejak awal tahun 2018. Biro Perencanaan, didukung FORCLIME, mengadakan serangkaian pertemuan dalam mempersiapkan Renstra 2020 – 2024. Renstra tersebut harus sejalan dengan prioritas nasional dan pembangunan ekonomi. Selama proses tersebut, beberapa tenaga ahli FORCLIME terlibat dan memberikan masukan teknis.

Sebelum peraturan tersebut diundangkan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, didukung FORCLIME, mengadakan sosialisasi tentang integrasi program berbasis spasial di tingkat lapangan. Sehingga pelaksanaan Renstra KLHK 2020-2024 dikaitkan dengan lokasi (pendekatan spasial) mengikuti slogan “Holistic, Integrated, Thematic and Spatial” (HITS).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wandojo Siswanto, Advisor Senior bidang kebijakan kehutanan dan perubahan iklim
Mohammad Rayan, Advisor Teknis lintas bidang dan pengelolaan konflik

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz