1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 08 07 KPH Kubu Raya Pojok Iklim

Pojok Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan diskusi “Pencegahan Karhutla melalui Pendekatan Sustainable Landscape Management di Tingkat Desa, di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya Kalimantan Barat” pada tanggal 7 Agustus 2019 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Tiga narasumber dihadirkan dalam diskusi tersebut, yaitu: Eva Famurianti (Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK); Prof. Bambang Hero (Guru Besar Perlindungan Hutan, IPB), dan Ponty Wijaya (Kepala KPH Kubu Raya). Kegiatan yang didukung oleh FORCLIME ini dihadiri oleh lebih dari 70 orang yang mewakili unit teknis KLHK, LSM, mahasiswa, wartawan.

Dalam diskusi tersebut, Kepala KPH Kubu Raya mempresentasikan kegiatan yang dilakukan dalam upaya pengendalian Karhutla di dalam wilayah kerjanya, termasuk pembentukan empat desa model, peningkatan kapasitas Brigade Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), seperti pengoperasian drone, komunikasi, pendampingan masyarakat. ‘Kami membuat peta aksesibilitas, peta kerawanan kebakaran, peta area bekas terbakar; yang membantu efektifitas kerja dan efisiensi biaya’, tambahnya. Upaya-upaya tersebut ditujukan untuk pencegahan Karhutla di wilayah KPH Kubu Raya, agar dapat berkontribusi pada pengurangan emisi karbon.

Materi diskusi dapat diunduh dari situs Pojok Iklim*

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Ponty Wijaya, Kepala KPH Kubu Raya
Gatot Moeryanto, Tenaga ahli, pengelolaan hutan
Martha Desriyanti Siregar, siswa magang, Universitas Cendrawasih

*Pojok Iklim adalah salah satu kelompok kerja Dewan Pertimbangan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salah satu tugasnya adalah menyelenggarakan diskusi rutin terkait dengan perubahan iklim