1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 03 21 Farmer Field School KPH Bulungan ms

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bulungan, didukung oleh FORCLIME, menyelenggarakan sekolah lapangan petani untuk memperkenalkan pertanian campuran (agroforestri) pada 21 Maret 2019 di Desa Long Lasan, Kecamatan Peso, Bulungan, Kalimantan Utara. 20 anggota kelompok tani lokal, Kelompok Tani Hutan Lasan Belua, mengikuti pelatihan ini. Melalui pelatihan lapangan ini, para petani memperoleh pengetahuan dan praktik tentang cara membuat pupuk organik untuk panen yang lebih produktif dan ramah lingkungan, tidak ada pupuk kimia yang digunakan dalam proses produksi.

Kegiatan sekolah lapangan difasilitasi oleh anggota IPAMA, sebuah asosiasi penyuluh agroforestri, yang telah melakukan pelatihan lapangan serupa di kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Pelatihan yang diadakan di Bulungan didasarkan pada pengalaman sukses di Malinau. Setelah acara sekolah lapangan, KPH Bulungan akan melatih petani lokal dalam pertanian campuran termasuk menanam kopi.

Sejak 2015, petani lokal telah menanam padi, kopi, dan berbagai tanaman buah di lahan seluas 100 hektare, yang terletak di wilayah KPH Bulungan. Bapak Suriantoh, salah satu penyuluh KPH Bulungan mengatakan bahwa saat ini KPH Bulungan memprakarsai 10 hektar lahan untuk program agroforestri dan menanam kopi yang dikelola secara kolaboratif dengan petani setempat melalui program Kemitraan Kehutanan, salah satu skema Perhutanan Sosial.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
Mohammad Sidiq, Koordinator Provinsi Kalimantan Utara