1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Lebih dari 25 instansi pemerintah dan swasta hadir dalam pertemuan nasional pertama e-learning bagi lembaga pelatihan pada tanggal 6 - 7 Agustus 2015. Pertemuan yang digagas oleh Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan GIZ FORCLIME menargetkan lembaga yang sudah menggunakan e-learning sebagai metode pelatihan atau berencana untuk melaksanakannya di masa depan.

Pembicara dari Universitas Terbuka, Lemhanas, Pusdiklat BPKP, Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PT Telkom dan perusahaan konsultan Common Sense, memberi wawasan bagi peserta dalam menyusun strategi e-learning, alur kerja dan kurikulum masing-masing organisasi.

Dalam diskusi mengenai tantangan dan peluang E-learning, sekitar 80 peserta setuju bahwa "Kita semua berada di perahu yang sama - jadi mari kita bekerja sama".  Isu paling penting yang teridentifikasi dari hasil diskusi adalah permintaan yang tinggi untuk pelatihan profesional pengembangan kapasitas manusia di Indonesia, sehingga menjadikan e-learning dan/atau blended learning merupakan kesempatan yang luar biasa bagi lembaga-lembaga pelatihan. Dari hasil diskusi peserta juga menyadari bahwa hal tersebut merupakan tugas yang kompleks bagi lembaga-lembaga pelatihan untuk mengembangkan program e-learning yang canggih (state-of-the-art) dan mengelola proses belajar yang tepat.

Untuk mendukung dan meningkatkan pelaksanaan program e-learning pada tingkat nasional, disepakati untuk meminta bantuan dari lembaga terkait untuk menyediakan:

  • kebijakan dan peraturan mengenai sertifikasi dan akreditasi,
  • kebijakan anggaran,
  • koneksi internet yang cepat di seluruh Indonesia,
  • sumber daya manusia profesional untuk pengembangan e-learning dan implementasinya di Indonesia dan kawasan ASEAN

Peserta akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam Jejaring Nasional E-Learning, sebagai forum untuk berbagi pengalaman dan kegiatan bersama terkait dengan pengembangan e-learning.Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Edy Marbyanto and Anne-Cathrin Vonarx, Strategic Area Human Capacity Development

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz