1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2010_0619danau_sentarum0074

Akhir tahun lalu pada tanggal 20 Desember 2010, nota kesepahaman telah disusun antara Badan Taman Nasional Danau Sentarum dan mitra-mitranya. Tujuan umum dari nota kesepahaman tersebut adalah untuk mewujudkan pengelolaaan Taman Nasional yang terbaik di wilayah Jantung Borneo (Heart of Borneo-HoB), dan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kerjasama ini  memiliki tujuan khusus untuk menciptakan sinergisitas dalam melaksanakan program-program antara Balai Taman Nasional Danau Sentarum dengan Mitra Kerja.

Dalam nota kesepahaman ini dilengkapi dengan matriks rencana kerja mitra dari 2010-2014. Matriks menggambarkan siapa yang melakukan apa dan dimana (lokasi), serta sumber pendanaan. Dengan demikian, matriks memetakan pelaku yang bekerja di Taman Nasional Danau Sentarum. Melalui kolaborasi ini, diharapkan pengelolaan Taman Nasional Danau Sentarum akan dilaksanakan secara adil, berkelanjutan, responsif gender, menghormati kearifan lokal, serta memberikan perhatian pada keberdayaan masyarakat lokal.

Taman Nasional Danau Sentarum terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Daerah ini merupakan lahan basah danau, hutan rawa air tawar, dan ekosistem hutan hujan dataran rendah tropis. Danau Sentarum adalah sebuah danau musiman, terletak di bagian dari Sungai Kapuas, sekitar 700 km dari muara yang mengalir ke Selat Karimata. Dikelilingi oleh bukit-bukit dan dataran tinggi, Danau Sentarum membentuk daerah tangkapan air yang penting, dan pada saat yang sama mengatur aliran air melalui DAS Kapuas. Oleh karena itu semua daerah hilir sangat tergantung pada tingkat fluktuasi air danau.


Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Mr. Budi Suryansyah
Danau Sentarum National Park
Tel. +62-8125701074
Email: busur.65@gmail.com

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz