1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

MoEF SDG roadmap

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan raih SDGs Action Award 2022

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dipilih menjadi pemenang pertama Indonesia's Sustainable Development Goals (SDGs) Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga oleh dewan juri karena dinilai konsisten dan terus berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs atau Agenda 2030.

Menurut Siaran Pers (Press Release) Humas KLHK Nomor: SP.325/HUMAS/PPIP/HMS.3/12/2022, penghargaan diserahkan oleh Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa, kepada Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, yang hadir mewakili Menteri LHK pada pembukaan SDGs Annual Conference 2022 atau SAC 2022, Kamis (1/12/2022).

Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 adalah penghargaan yang diberikan dalam rangka memberikan apresiasi bagi pemerintah dan aktor non pemerintah yang konsisten mendukung pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia dan memiliki 11 (sebelas) kategori, yaitu, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pelaku usaha besar, pelaku usaha kecil dan menengah, organisasi masyarakat sipil, filantropi, organisasi orang muda, dan media.

Lebih jauh menurut Siaran Pers KLHK, Best Practices dan kegiatan inovatif yang dilakukan KLHK dalam mendukung pencapaian TPB/SDGs digambarkan melalui 3 kegiatan yang meliputi:

  1. Perhutanan Sosial untuk Pengentasan Kemiskinan (Goals 1: Tanpa kemiskinan, Goals 2: Tanpa kelaparan, Goals 5: Kesetaraan gender, Goals 8: Penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi, Goals 10: Pengurangan kesenjangan (Gini ratio),
  2. Program Kampung Iklim sebagai Aksi Para Pihak dalam Penanganan Perubahan Iklim (Goal 13: Penanganan Perubahan Iklim), dan
  3. Sistem Monitoring Hutan Nasional/SIMONTANA sebagai Istrumen Pencapaian Ekosistem Daratan Berkelanjutan (Goals 15: Ekosistem daratan berkelanjutan). Kesemua best practice dan inovasi KLHK dilakukan juga dalam rangka mendorong aksi nyata ekonomi hijau untuk mencapai TPB/SDGs.

Dukungan FORCLIME

Sejak tahun 2018, FORCLIME mendukung KLHK dalam pengarusutamaan TPB/SDGs melalui kegiatan-kegiatan seperti pembentukan kelompok kerja dan penyusunan roadmap kontribusi program/kegiatan terhadap pencapaian TPB/SDGs nasional. FORCLIME juga mendukung beberapa kegiatan KLHK dalam mensosialisasikan, mengadakan, atau mengikuti berbagai pertemuan terkait TPB/SDGs, serta menerbitkan beberapa media publikasi untuk mengajak para pihak, baik internal maupun eksternal KLHK untuk terlibat dalam agenda TPB/SDGs.

Roadmap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pada tahun 2018, FORCLIME mendukung penyusunan Roadmap (peta jalan) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (TPB KLHK) merujuk pada dokumen Rencana Aksi Nasional (RAN) TPB 2018-2019, Lampiran Peraturan Kepala Bappenas Nomor 7 tahun 2018. Di dalam RAN tersebut dicantumkan beberapa indikator kegiatan KLHK yang masuk ke dalam 7 (tujuh) TPB/SDGs, yaitu Tujuan 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera); Tujuan 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak); Tujuan 9 (Industri, Inovasi dan Infrastruktur); Tujuan 11 (Kota dan Permukiman Berkelanjutan); Tujuan 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab); Tujuan 13 (Penanganan Perubahan Iklim); dan Tujuan 15 (Ekosistem Daratan). Di dalam RAN TPB, KLHK merupakan pengampu utama dalam pencapaian tujuan 12, 13, dan 14 serta sebagai pengampu bersama kementerian lain untuk Tujuan 6 dan 11.

Dalam draft Peta Jalan TPB KLHK 2018-2030, dijelaskan bahwa pelaksanaan TPB/SDGs di KLHK merupakan upaya pencapaian kinerja dari seluruh program yang ada dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Pembahasan terhadap pelaksanaan TPB/SDGs KLHK serta kontribusi program KLHK terhadap setiap TPB/SDGs diuraikan secara berurutan, baik yang tercantum di dalam RAN TPB/SDGs 2015-2019 maupun yang tidak termasuk dalam RAN tersebut.

Mainstreaming SDGs

Di tahun 2020, FORCLIME mendukung pembuatan buku Potret Capaian SDGs KLHK 2019 yang merupakan bagian dari kegiatan KLHK dalam pengarusutamaan SDGs di KLHK. Dan di tahun 2021, FORCLIME mendukung pembuatan Buku Antologi Esai Kumpulan Karya Tulis SDGs Kementerian LHK Tahun 2021 dan buku Panduan SDGs Scorecard.

Buku Antologi Esai Kumpulan Karya Tulis SDGs Kementerian LHK Tahun 2021 berisi esai yang ditulis oleh para pemenang lomba karya tulis mengenai upaya pencapaian TPB/SDGs di lingkup KLHK. Sedangkan Buku Panduan SDGs Scorecard merupakan panduan yang diedarkan secara digital dan menjadi salah satu instrumen bagi pengguna (unit organisasi) di lingkup Kementerian LHK untuk secara eksplisit mengungkapkan kontribusi terperinci dari masing-masing Rincian Output (RO) dan komponen yang telah, sedang, dan akan dilakukan ke arah pencapaian TPB/SDGs.

Pada tahun 2022 dalam rangka mensosialisasikan pencapaiannya terkait TPB/SDGs selama tahun 2021, KLHK mengadakan serangkaian pertemuan pada 13 - 14 Maret 2022 di Bogor, Jawa Barat. Pelaksanaan pertemuan hybrid (online dan offline) ini didukung oleh FORCLIME dengan dibuka oleh Prof. Dr. Winarni Dien Monoarfa atas nama Sekjen KLHK. Lebih dari 400 peserta menghadiri pertemuan dan sebagian besar merupakan perwakilan dari kantor kementerian.

Di bulan September 2022, FORCLIME mendukung KLHK dalam persiapan Indonesia SDGs Action Awards 2022. Rapat ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan dalam rangka Pemantapan Pengarusutamaan TPB/SDGs melalui Koordinasi Kerja Sama Dalam Negeri Lingkup LHK di bulan November 2022.

Langkah selanjutnya

KLHK dipilih menjadi pemenang pertama Indonesia's SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga merupakan sebuah capaian yang signifikan. Untuk mempertahankan capaian sebagai pemenang pertama dibutuhkan kerja keras yang berkesinambungan. Oleh karena itu kelompok kerja TPB/SDGs KLHK berusaha mempertahankan capaian tersebut dengan terus mendorong pengarusutamaan TPB/SDGs di KLHK dengan dukungan setiap unit organisasi di dalam kementerian dan juga para pihak termasuk FORCLIME-TC.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
R. Rizka Dewi Zuleika, Advisor junior bidang pengelolaan hutan lestari
Mohammad Rayan, Advisor teknis lintas bidang dan pengelolaan konflik
Wandojo Siswanto, Manajer bidang strategis, kebijakan kehutanan dan perubahan iklim

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz