1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 11 28 Pesona 2019

Usia rata-rata petani Indonesia saat ini adalah 56 tahun. Dengan skema perhutanan sosial yang berlangsung selama 35 tahun, ada kebutuhan untuk menyerahkan tongkat kendali perhutanan sosial kepada generasi muda. “Di sinilah pemuda menjadi penting. Keterlibatan pemuda adalah inti dari keberhasilan perhutanan sosial”, Bambang Supriyanto, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan di depan mahasiswa dari 14 universitas di Indonesia dalam Crash Course of Social Forestry for Youth di Manggala Wanabakti, 28 November 2019.

Delapan puluh siswa yang berpartisipasi dalam Crash Course tersebut terlibat tidak hanya dalam ceramah, tetapi juga sesi speed dating dengan perwakilan hutan desa dari tiga kabupaten di Kalimantan: Kapuas Hulu, Malinau, dan Berau untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang kehutanan sosial.

Crass course adalah proses pembelajaran yang efektif karena para peserta didorong untuk tidak hanya mendengarkan, tetapi juga berkomunikasi dengan para pelaku nyata Perhutanan Sosial,” kata Ahmad Arsyad (21) dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. “Dengan jumlahnya yang besar, saya pikir pemuda harus terlibat dalam membantu dan mendidik masyarakat setempat untuk mengunggulkan perhutanan sosial,” tambahnya.

Selain mengajarkan pemuda tentang kehutanan sosial, dalam forum ini juga diadakan diskusi kelompok terfokus untuk mengakomodasi aspirasi kaum muda tentang bagaimana mereka ingin terlibat dalam perhutanan sosial.

Setelah acara tersebut, sebuah laporan akan disiapkan dan diserahkan kepada Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan yang dapat digunakan sebagai bahan diskusi lebih lanjut untuk mengembangkan skema pelibatan pemuda dalam perhutanan sosial.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Sekar A. Yunita, Advisor muda untuk kebijakan kehutanan
Ratu Wina Widyawati, Pengelolaan informasi dan pengetahuan

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz