1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 11 19 validasi TNA Kalbar wira

Dalam upaya pengembangan strategi peningkatan kapasitas sumber daya manusia Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Kalimantan Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan GIZ dan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Bogor menyelenggarakan lokakarya untuk membahas hasil identifikasi kebutuhan Diklat KPH pada tanggal 19 November 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat. Tujuan lokakarya ini adalah untuk memvalidasi hasil identifikasi kebutuhan Diklat yang telah dilakukan di beberapa KPH di Kapuas Hulu. Dari hasil identifiaksi tsb, diperolah gambaran kondisi sumber daya manusia KPH di Kalimantan Barat. Lokakarya dihadiri 40 peserta, yang mewakili Badan Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK), unit pelaksana teknis Kementerian LHK di Kalimantan Barat, instansi Pemprov Kalimantan Barat, perguruan tinggi, LSM dan perwakilan masyarakat desa hutan.

Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Barat mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dibuat regulasi untuk mempertegas pembagian peran antara Dinas Kehutanan Provinsi dan KPH, serta menyusun Roadmap percepatan pembangunan KPH Mandiri di Provinsi Kalimantan Barat.

Hasil lokakarya ini adalah Diklat prioritas bagi KPH di Provinsi Kalimantan Barat, antara lain: Pelatihan GIS (pengukuran dan pemetaan), pelatihan mengoperasikan Drone, dan pelatihan Pemasaran dan Promosi Jasa Lingkungan dan Hasil Hutan Bukan Kayu.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wira Nastainul Hakim, Advisor junior, Pengembangan Kapasitas SDM
Edy Marbyanto, Manajer bidang strategis, Pengembangan Kapasitas SDM

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz