1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 08 29 Study tour to German LH small

Seperti tahun sebelumnya, FORCLIME mengadakan kunjungan studi ke Jerman untuk melihat pengelolaan partisipatif kawasan lindung pada tanggal 20 hingga 29 Agustus 2019. Dalam pertemuan tersebut profesional kehutanan Indonesia mendapat penjelasan mengenai struktur dan proses pengelolaan hutan di Jerman dan membahas masalah teknis dengan pakar kehutanan Jerman.

Peserta kunjungan studi tahun ini terdiri dari perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk perwakilan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Bogor dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat. Rombongan didampingi oleh staf FORCLIME.

Sesuai dengan tema pertukaran pakar tahun ini, peserta mengunjungi beberapa kawasan lindung, termasuk cagar biosfer UNESCO, taman wisata alam, dan taman nasional di negara bagian Jerman, Mecklenburg-Western Pomerania dan Brandenburg. Kunjungan diakhiri dengan presentasi dan diskusi dengan pejabat Kementerian Negara Federal Mecklenburg dan beberapa asosiasi profesional.

Selama kunjungan ke unit manajemen hutan, peserta belajar tentang pengaturan dan layanan hutan publik di Jerman. Selain itu, juga dijelaskan tugas-tugas pengelolaan hutan yang berkaitan dengan perlindungan lingkungan dan pendidikan dan bagaimana kerja sama antara unit-unit kehutanan dan lembaga-lembaga konservasi alam diatur.

Selama diskusi, para pakar dari kedua negara saling membandingkan terkait dengan solusi dalam mengatasi persoalan terkait pengelolaan hutan. Dalam dialog tersebut, juga dibahas kesadaran lingkungan dari masyarakat. Selain itu, mereka juga membahas bentuk kolaborasi yang ada, termasuk keterlibatan semua badan regional dan para pemangku kepentingan yang mungkin terkena dampak dari tindakan konservasi.

Untuk lebih lanjut, silakan hubungi:
Lutz Hofheinz, Advisor senior bidang Kesatuan Pengelolaan Hutan
Pipin Permadi, Advisor bidang Kebijakan Hutan dan Perencanaan Strategis

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz