1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 10 04 1G to G nego in Berlin small

Pemerintah Indonesia dan pemerintah Jerman mengadakan negosiasi pada tanggal 1-2 Oktober 2019 di Berlin. Pertemuan seperti ini dilakukan dua tahun sekali. Di dalam negosiasi tersebut dibicarakan dan disepakati program kerja sama yang akan dilaksanakan di Indonesia, termasuk jumlah dananya. Setelah pertemuan tersebut, sebagian delegasi Indonesia mendapat kesempatan mengikuti acara sampingan (side event) terkait Lingkungan dan Kehutanan untuk mengetahui struktur pengelolaan hutan Jerman, proses bisnis serta tugas-tugas unit pengelolaan hutan Jerman. Untuk itu, FORCLIME mengorganisasi kunjungan lapangan ke instansi terkait.

Peserta kunjungan lapangan tersebut adalah satu orang perwakilan dari Bappenas dan empat staf Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta didampingi seorang karyawan FORCLIME. Rombongan berangkat ke negara bagian Jerman di Hesse pada tanggal 3 Oktober untuk mengunjungi unit pengelolaan hutan (FMU) Hanau -Wolfgang dekat Frankfurt. Meskipun 3 Oktober adalah hari libur di Jerman, namun kunjungan ke taman margasatwa Klein-Auheim dan fasilitas milik FMU Hanau, tetap terlaksana. Pada hari berikutnya, direktur FMU Hanau -Wolfgang menyampaikan informasi tentang Perusahaan Hutan Hessian dan FMU Hanau saat rombongan mengunjungi kantornya. Selain itu, juga dijelaskan mengenai strategi perusahaan dalam pengelolaan hutan regional yang berkelanjutan. Pada akhir kunjungan lapangan, delegasi mengunjungi Pusat Benih Pohon Hutan Provinsi, yang juga merupakan lembaga yang berada di bawah pengawasan FMU.

Sebelum kembali ke Indonesia, rombongan mendapat kesempatan berkeliling di kota Frankfurt melihat kota tua Frankfurt dan menikmati suasana di tepi Sungai Main.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Lutz Hofheinz, Advisor Senior bidang kesatuan pengelolaan hutan

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz