1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 9 24 EU Climate diplomacy reduced

Dalam rangka Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa (EU Climate Diplomacy Week) 2019, yang berlangsung pada 23 September hingga 6 Oktober, Kedutaan Besar Jerman bekerja sama dengan FORCLIME mengadakan talkshow tentang “Pemuda untuk Konservasi Hutan” tanggal 24 September di Gedung Manggala Wanabakti di Jakarta. Lebih dari seratus peserta menghadiri acara tersebut, antara lain dari beberapa universitas [Gajah Mada (Yogyakarta), Lambungmangkurat (Lampung), IPB (Bogor), Indonesia (Depok), Jenderal Soedirman (Jawa Tengah)], dan LSM, dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Yang menjadi pembicara adalah anak-anak muda dari Program Magang FORCLIME (Universitas Papua), Asosiasi Mahasiswa Kehutanan Internasional (IFSA), Foresteract.com, dan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Ini adalah platform yang sangat baik bagi kita kaum muda untuk menyuarakan aspirasi kita kepada Pemerintah Indonesia. Jarang sekali menemukan platform untuk anak muda seperti ini”, kata Andreas, pembicara dari IFSA, dalam acara tersebut.

Selain itu, Andreas menambahkan setelah berbicara dengan perwakilan dari Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK tentang peluang untuk membantu pelaksanaan Perhutanan Sosial, “Bahkan adanya ini (talkshow) lebih baik karena ternyata ada peluang bagi kaum muda melalui acara ini. Kami akhirnya memiliki kesempatan untuk berbicara dengan pejabat pemerintah dan mereka juga menyampaikan tentang perlunya partisipasi pemuda dalam program mereka”.

“Saya berharap acara ini akan menginspirasi institusi lain, menyediakan platform untuk berdiskusi antara kaum muda dan pemerintah, dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Kedutaan Besar Jerman dan GIZ melalui EU Climate Diplomacy Week. Yang kita butuhkan adalah jembatan antara pemuda dan pemerintah”, Arifah Hidayati, mahasiswa Universitas Gadjah Mada, mengatakan kepada editorial.

Melalui EU Climate Diplomacy Week, Delegasi Komisi Eropa dan kedutaan besar dari beberapa negara anggota Uni Eropa di seluruh dunia mengadakan berbagai acara untuk mendorong dialog dan kerja sama tentang perubahan iklim, memamerkan kisah-kisah sukses dan menginspirasi tindakan lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Sekar A. Woro Yunita, Advisor Junior, Kebijakan Kehutanan
Andry Hartanto, Asisten Pribadi Direktur Program

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz