1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Forclime dukung penyebaran informasi pembangunan KPH

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan rapat koordinasi nasional Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) pada tanggal 24-25 Juli di Yogyakarta. Tema tahun 2019 ini adalah ‘Sinergitas Kebijakan Pusat-Daerah untuk Mendorong Pembangunan KPH’. Selain Kepala KPH, peserta rapat koordinasi nasional (Rakornas) adalah Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Bappeda Provinsi, jajaran KLHK, Lembaga internasional yang mendukung pembangunan KPH (GIZ, World Bank). Pada acara pembukaan disampaikan keynote speech dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam pidato arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang dibacakan oleh Sekjen KLHK, disampaikan bahwa Rakornas ini menjadi sangat penting dan relevan dalam merumuskan kebijakan percepatan pembangunan dan operasionalisasi KPH yang sinergis antara pusat dan daerah.

Selama Rakornas, diadakan pameran dan FORCLIME hadir mendukung direktorat Rencana, Penggunaan dan Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan, KLHK, menampilkan data dan informasi terkini Sistem Informasi dan Dokumentasi (Sinpasdok). Dalam pameran tersebut, FORCLIME juga menampilkan kegiatan yang dilakukan di KPH Kubu Raya terkait dengan pencegahan api terintegrasi di KPH, selain kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di tiga kabupaten percontohan di Malinau (Kalimantan Utara), Berau (Kalimantan Timur) dan Kapuas Hulu (Kalimantan Barat).

Dalam Rakornas KPH ini, KLHK memberi penghargaan kepada pemerintah provinsi yang mendukung pembangunan KPH, yaitu: Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada beberapa KPH, yaitu: KPH Yogyakarta, KPH Lakitan Bukit Cogong (Sumatera Selatan), KPH Batu Lampeh (Nusa Tenggara Barat), KPH Kayu Tangi (Kalimantan Selatan). Penghargaan khusus diberikan kepada Kepala KPH perempuan sebagai Srikandi pembangunan KPH, yaitu: Kepala KPH Kerinci (Jambi), Kepala KPH Wilayah XII Benakat (Sumatera Selatan), Kepala KPH Wilayah VI Gorontalo, Kepala KPH Unit II Sorong (Papua Barat).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Wandojo Siswanto, Manajer Bidang Strategis, Kebijakan Kehutanan dan Perubahan Iklim
Sekar A. Woro Yunita, Junior Advisor, Kebijakan Kehutanan

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz