1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

 

2018 12 Campaign preventing illegal logging Kapuas Hulu Moritz Zetzmann

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kapuas Hulu Timur di Kalimantan Barat bersama dengan FORCLIME melakukan kampanye pencegahan pembalakan liar pada bulan Desember 2018, dan kegiatan ini berkontribusi terhadap perlindungan hutan di wilayah tersebut. Merupakan salah satu dari tugas penting KPH untuk menginformasikan kepada masyarakat desa mengenai pemanfaatan hutan untuk mencegah deforestasi dan praktik-praktik pengelolaan hutan yan tidak berkelanjutan.

Untuk itu, KPH Kapuas Hulu Timur memasang papan pengumuman tentang pencegahan pembalakan liar di tempat-tempat strategis seperti persimpangan jalan di 10 desa di dua kecamatan Putussibau Selatan dan Kalis. Dengan demikian, masyarakat desa harus mengajukan izin penebangan dan pengolahan kayu serta menghentikan kegiatan pembalakan yang melanggar hukum.

Sebelum pemasangan papan pengumuman, KPH Kapuas Hulu Timur telah mengidentifikasi 10 desa prioritas dalam wilayah mereka berdasarkan survei lapangan yang dilakukan pada tahun 2018. KPH Kapuas Hulu Timur dan FORCLIME bersama-sama bekerja dengan para pemimpin desa untuk memastikan reaksi positif dari penduduk.

Kampanye lebih lanjut di wilayah lainnya direncanakan untuk 2019, termasuk juga diseminasi informasi mengenai hak pemantaatan hutan, pembalakan liar dan masalah deforestasi melalui pertemuan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Moritz Zetzmann, Advisor bidang pembangunan kesatuan pengelolaan hutan, Kapuas Hulu

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz