1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

2019 05 23 Developing RPHJP Unit II KPH Malinau3 resized

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Model Malinau bekerja sama dengan FORCLIME mengadakan pertemuan tentang proses penyusunan rencana pengelolaan jangka panjang (RPHJP) pada 23 Mei 2019 di Malinau, Kalimantan Utara. FORCLIME mendukung KPH Model Malinau untuk menyempurnakan penyusunan RPHJP. KPH menguraikan tindakan yang akan diambil di masa depan, dengan mempertimbangkan strategi yang sesuai untuk menerapkan konservasi keanekaragaman hayati, pengelolaan hutan dan kegiatan perubahan iklim (REDD+), pengelolaan hutan berbasis masyarakat, dan integrasi SDGs.

Untuk mendukung operasi kehutanan di dalam Kesatuan Pengelolaan Hutan, RPHJP adalah kunci penting. RPHJP adalah dokumen tertulis yang menggambarkan semua elemen eksternal dan internal yang relevan (analisis SWOT) yang terkait dalam pelaksanaan pengelolaan hutan lestari.

Kepala tim penyusunan RPHJP, Kepala Bagian Perencanaan, Bapak Apriansyah menjelaskan, “Ada lima RPHJP yang wajib disususn oleh KPH Model Malinau dalam merencanakan kegiatannya di dalam kawasan hutan Malinau. RPHJP pertama ditandatangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2017 untuk Unit X Malinau. Mulai Mei hingga Oktober 2019, KPH membuat persiapan untuk menyusun rencana pengelolaan jangka panjang Unit II, Malinau Utara".

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Mohammad Sidiq, Koordinator Provinsi Kalimantan Utara
Daniel Maertz, Advisor, Agroforestry, Kalimantan Utara