1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

Direktorat Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) pada tanggal 25 – 29 Maret 2019 di Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan tersebut didukung oleh program FORCLIME modul kerjasama teknis (FORCLIME TC) dan bertujuan untuk mendorong kemampuan kewirausahaan pada pegawai KPH untuk tercapainya kemandirian KPH. Sebanyak 40 perwakilan KPH dari seluruh Indonesia menghadiri pelatihan tersebut, termasuk juga staff dari FORCLIME TC.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi, kemudian diikuti oleh sejumlah topik pembahasan oleh narasumber yang mencakup: Kebijakan pada Pengembangan Bisnis di KPHP, Keuangan pada Badan Layanan Umum Daerah, Pengelolaan Jasa Lingkungan, Pengembangan Pemasaran, Potensi Hasil Hutan di Sektor Energi, dan Workshop Pembuatan Rencana Bisnis.

“Topik-topik pelatihan yang dibawakan sangat berguna. Saya berharap Kementerian dapat memfasilitasi forum yang mempertemukan KPH sebagai penyedia produk hutan dengan pasar.” ujar Kristianto, peserta dari KPHP Katingan Hulu, Kalimantan Tengah.

Sejak 2010, FORCLIME telah mendukung usaha pengembangan KPH menuju kemandirian sebagai instrumen strategis untuk mencapai pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Wandojo Siswanto, Senior Advisor for Forest and Climate Change Policy
Mohamad Rayan, Advisor for Crosscutting Issue and Conflict Management
Sekar A. Woro Yunita, Junior Advisor for Sustainable Forest Management

in cooperation with ministry of forestry and environment Didukung oleh:
Cooperation - Republic of Indonesia and Federal Republic of GermanyImplemented-by-giz