1 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
2 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)
3 / 3

FORCLIME

 Forests and Climate Change Programme
 Technical Cooperation (TC Module)

FPIC_Guidebook_Cover_Page

Pada tanggal 1 Maret 2011 Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan Center for People and Forests (RECOFTC) meluncurkan Panduan tentang "Free, Prior and Informed Consent (FPIC) dalam REDD+: Prinsip dan Pendekatan untuk Kebijakan dan Proyek Pembangunan" pada konferensi regional GIZ di Bangkok. Publikasi tersebut disusun bersama oleh GIZ Sektor Jaringan Sumber Daya Alam dan Pembangunan Pedesaan - Asia dan RECOFTC Program Pengembangan Kapasitas Akar Rumput untuk Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD) di Wilayah Asia-Pasifik dengan keterlibatan konsorsium LSM dan kelompok masyarakat madani yang menangani proyek REDD+ atau hak masyarakat adat di wilayah tersebut.

Sederhananya, "Free, Prior and Informed Consent" (FPIC) adalah hak masyarakat adat untuk mengatakan "ya, dan bagaimana" atau "tidak" untuk pembangunan yang mempengaruhi sumber daya dan wilayah mereka. Hal ini berbasis pada hukum internasional dan hukum nasional di beberapa negara. Status hukumnya telah diperkuat melalui adopsi dari Deklarasi PBB tentang Hak Masyarakat Adat (UNDRIP) pada tahun 2008. Berasal dari hak masyarakat adat untuk menentukan nasib sendiri, kemudian semakin diperluas ke semua masyarakat lokal dengan hubungan historis atau adat atas tanah dan sumber daya yang mereka gunakan. FPIC dibahas sebagai salah satu dari beberapa perlindungan untuk REDD+.

Buku panduan ini menjelaskan apa yang diperlukan untuk menghormati hak atas persetujuan bebas, didahulukan dan diinformasikan (Free, Prior and Informed Consent-FPIC) dalam proyek dan program REDD+. Bersamaan dengan acara peluncuran buku, praktisi GIZ, staf anggota RECOFTC dan perwakilan program UN-REDD global di Bangkok mendiskusikan tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan suatu pendekatan berbasis hak dengan pertanyaan berpusat di sekitar pada tingkat apa proses untuk menghormati hak untuk FPIC layak dan bagaimana mereka berhubungan dengan kerangka hukum nasional.

Program FORCLIME segera akan menyediakan versi Bahasa Indonesia dari buku pedoman ini.

Buku panduan ini dapat diunduh pada: FPIC in REDD